• Jelajahi

    Copyright © Ainews.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Recent Posts

    Iklan

    Iran meluncurkan serangan udara besar-besaran terhadap Israel

    Minggu, 14 April 2024, April 14, 2024 WIB Last Updated 2024-04-14T15:58:15Z

    Iran meluncurkan tembakan rudal dan drone pada hari Sabtu dan pada jam-jam awal Minggu, menargetkan Israel sebagai balas dendam atas serangan Israel yang dicurigai pekan lalu terhadap konsulatnya di Damaskus yang menewaskan 13 orang.Berikut adalah apa yang terjadi, dan apa yang dikatakan analis mungkin terjadi selanjutnya.

    Di lansir dari laman aljazeera Iran meluncurkan serangan udara besar-besaran terhadap Israel, dua minggu setelah diduga Israel menyerang konsulatnya di Suriah. Ini menandai serangan langsung pertama Iran terhadap wilayah Israel dari daratan Iran. Iran menyebut serangan itu sebagai “True Promise”.Serangan dimulai pada Sabtu malam sekitar pukul 20:00 GMT. Itu berlangsung sekitar lima jam, menurut pejabat AS.

    Selama serangan itu, ledakan terdengar di kota-kota di seluruh Israel, termasuk Tel Aviv. Ledakan juga terdengar di Yerusalem, dan sirene serangan udara berdering di lebih dari 720 lokasi saat pasukan Israel berusaha menembak jatuh peluru.


    Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari, mengatakan serangan Iran melibatkan lebih dari 120 rudal balistik, 170 drone, dan lebih dari 30 rudal tempur, menurut laporan dari kantor berita Associated Press.
    Militer Israel juga mengatakan bahwa sebagian besar proyektor ditangkap di luar perbatasan negara itu, dengan bantuan dari Amerika Serikat, Inggris dan Prancis. Jordan juga menembak jatuh beberapa rudal yang menargetkan Israel saat mereka terbang melalui wilayah udara Yordania. • Militer Israel menambahkan bahwa “jumlah hit kecil telah diidentifikasi”. Di sebuah pangkalan yang terletak di Israel selatan, “kerusakan kecil terjadi pada infrastruktur”.


    Seorang gadis berusia tujuh tahun juga terluka parah oleh fragmen rudal, sementara pasien lain mengalami cedera ringan dan beberapa diobati karena kecemasan.Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada hari Sabtu bahwa AS juga menahan "puluhan" rudal dan drone yang diluncurkan ke Israel dari Irak, Suriah dan Yaman.

    Di mana sebenarnya serangan-serangan itu terjadi?
    Selama serangan itu, militer Israel memerintahkan penduduk di Teluk Golan utara yang diduduki Israel – dekat perbatasan Suriah dan Lebanon – dan di kota-kota di selatan Nevatim, Dimona dan Eilat untuk tinggal di dekat tempat penampungan bom.Nevatim adalah lokasi pangkalan udara Israel, sementara Dimona memiliki reaktor nuklir di pinggiran kota. Eilat adalah pelabuhan Laut Merah selatan Israel, yang telah menderita penurunan tajam dalam operasi karena serangan berulang oleh Houthi Yaman terhadap kapal yang melewati jalur air.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini