Ainews.co.id

Situs berita Internasional,Nasional dan Daerah yang menyajikan informasi terkini dan terbaru

Breaking News

Kamis, 14 Desember 2023

Kementrian Luar Negri RI membuka suara mengenain pengungsi '' Rohingya'' yang masuk di Aceh

 

Kemlu RI
Ainews.co.id-Kementrian Luar Negri ( Kemlu ) RI membuka suara mengenain pengungsi yang masuk di Aceh ( Rohingya ) melalui Juru bicara kementrian Luar Negri, Dr Lalu Muhammad Iqbal

Mengenai masalah rohingya yang banyak sekali ditanyakan ,Indonesia menegaskan kembali posisi bahwa yang harus diselesaikan adalah akar masalahnya dan akar masalahnya adalah konflik di Myanmar yang hingga saat ini belum selesai.


Kita melihat bahwa di dalam persoalan masuknya pengungsi dari Myanmar ini ada dua tindak pidana yang ikut di dalam proses jadi penyelundupan manusia dan perdagangan manusia.


Penyelundupan manusia atau dikenal dengan istilah People Smuggling dengan merupakan kejahatan transnasional yang mengancam negara dari dua sisi, dari luar maupun dalam. 

 Humman Trafficking,Perdagangan Manusia adalah perekrutan, pengangkutan, pemindahan, penyembunyian atau penerimaan orang dengan paksa, penipuan atau penipuan, dengan tujuan untuk memanfaatkan mereka untuk mendapatkan keuntungan.


Dan Indonesia akan melakukan semua kemampuannya untuk membantu agar konflik di Myanmar dapat segera diselesaikan dan demokrasi segera dipulihkan,imbuhnya

 

Sebagai pihak di dalam di PBB ,mengenai kejahatan transnasional memiliki kewajiban internasional untuk mencegah dan ikut memberantas perdagangan manusia maupun penyelundupan juga karena itu Indonesia komitmennya untuk mempersekusi pidana baik pidana penyelundupan manusia maupun perdagangan manusia yang terjadi di Aceh ini.-LBS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar