Ainews.co.id

Situs berita Internasional,Nasional dan Daerah yang menyajikan informasi terkini dan terbaru

Breaking News

Selasa, 29 Agustus 2023

AS-Tiongkok sepakat untuk membentuk kelompok kerja terkait ekspor pertukaran informasi mengenai penegakan pengendalian ekspor

 

Menteri Perdagangan Gina Lamondo, yang mengunjungi Tiongkok, menekankan bahwa pembicaraan tingkat kerja antara AS dan Tiongkok di tingkat wakil menteri bukanlah diskusi kebijakan. foto = Reuters



Menteri Perdagangan Lamondo mengatakan di media lokal getnews.co.kr Konsultasi ini tidak ada hubungannya dengan tindakan pengendalian ekspor AS ke Tiongkok.Amerika Serikat dan Tiongkok telah sepakat untuk membentuk kelompok kerja setingkat wakil menteri untuk bertukar informasi mengenai penegakan pengendalian ekspor.

Selain itu, diputuskan untuk membuat platform dialog tingkat kerja di tingkat wakil menteri dan mengadakan pertemuan pertama di Beijing pada tanggal 29.

Menteri Perdagangan AS Gina Lamond, yang sedang mengunjungi Tiongkok, bertemu dengan Direktur Departemen Perdagangan Tiongkok Wang Wentao di Beijing pada tanggal 28 dan setuju untuk membentuk kelompok kerja mengenai isu-isu komersial bertukar informasi mengenai penerapan pengendalian ekspor, kata Departemen Perdagangan AS.


Kedua negara juga sepakat untuk rutin berkomunikasi mengenai masalah komersial dan ekonomi di tingkat menteri atau menteri, dan sepakat untuk bertemu tatap muka setidaknya setahun sekali untuk tujuan tersebut.

Diantaranya, Departemen Perdagangan AS menjelaskan bahwa 'Pertukaran Informasi tentang Penerapan Pengendalian Ekspor' adalah "sebuah platform untuk mengurangi kesalahpahaman tentang kebijakan keamanan nasional AS

Kedua negara akan mengadakan pertemuan tatap muka pertama mereka di Kementerian Perdagangan di Beijing pada tanggal 29. Di pihak AS, Reuters melaporkan bahwa Matthew Axelrod, asisten sekretaris penegakan ekspor di Departemen Perdagangan, juga hadir.

Kelompok kerja yang baru dibentuk antara Departemen Perdagangan A.S. dan Tiongkok adalah badan konsultasi tingkat wakil menteri yang bertemu dua kali setahun.
Selain pejabat pemerintah AS dan Tiongkok, perwakilan sektor swasta juga akan hadir, dan pertemuan pertama akan diadakan di AS tahun depan.


Pada bulan Oktober tahun lalu, Amerika Serikat mengumumkan kebijakan pengendalian ekspor komprehensif yang secara virtual melarang ekspor peralatan semikonduktor dari Amerika Serikat ke Tiongkok, dan pada bulan September, perintah eksekutif yang mengatur investasi dalam semikonduktor, komputasi kuantum, dan kecerdasan buatan (AI) ) juga diumumkan.

Sebagai tanggapan, Tiongkok telah mengambil tindakan balasan, termasuk sanksi terhadap perusahaan semikonduktor AS Micron dan kontrol ekspor galium, bahan mentah untuk semikonduktor generasi berikutnya.

Namun, pertukaran informasi mengenai kontrol ekspor antara Amerika Serikat dan Tiongkok bukanlah dialog kebijakan, kata seorang pejabat pemerintah AS kepada Reuters.

Ini adalah dialog untuk meningkatkan transparansi dan memperjelas apa yang kami lakukan sehubungan dengan penegakan pengendalian ekspor, kata Lamondo kepada wartawan setelah pertemuan tersebut. Kami tidak berkompromi atau bernegosiasi mengenai masalah keamanan nasional.


Pengendalian ekspor ditargetkan secara sempit, hanya menargetkan teknologi yang memiliki dampak jelas terhadap keamanan nasional dan hak asasi manusia, dan tidak dimaksudkan untuk mengekang pertumbuhan ekonomi Tiongkok, kata Lamondo dalam pertemuan dengan Wang, kata Departemen Perdagangan AS. jumpa pers.

Sebelumnya, Kongres AS mengeluarkan peringatan publik sebelum kunjungan Menteri Perdagangan Lamondo ke Tiongkok bahwa "kebijakan pengendalian ekspor AS terhadap Tiongkok tidak boleh dinegosiasikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar