Ainews.co.id

Situs berita Internasional,Nasional dan Daerah yang menyajikan informasi terkini dan terbaru

Breaking News

Minggu, 27 Agustus 2023

7 Peran Nahdlatul Ulama NU Organisasi Islam di Indonesia

 

logo/NU

Nahdlatul Ulama (NU) adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yang memiliki sejarah panjang dan signifikan dalam perkembangan agama dan politik di negara ini. Berikut adalah gambaran umum tentang sejarah Nahdlatul Ulama di Indonesia:

1. Awal Mula: NU didirikan pada tanggal 31 Januari 1926 di Surabaya oleh KH. Hasyim Asy'ari, seorang ulama dan pemimpin agama yang bertujuan untuk memperkuat dan melindungi ajaran Islam tradisional di tengah perubahan sosial dan politik yang sedang berlangsung di Indonesia pada saat itu. Tujuan awal NU adalah untuk melawan pengaruh modernisme dan reformisme Islam yang dianggap merusak ajaran-ajaran Islam yang telah ada sejak lama.


2. Perlawanan Terhadap Kolonialisme: Selama masa penjajahan Belanda, NU merupakan salah satu organisasi yang aktif dalam perlawanan terhadap penjajahan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pemimpin NU seperti Hasyim Asy'ari dan para kiai (ulama) lainnya berperan penting dalam memimpin dan menggerakkan masyarakat untuk melawan penjajah.


3. Peran Sosial dan Pendidikan: NU juga memiliki peran yang signifikan dalam bidang pendidikan dan sosial. Organisasi ini mendirikan pesantren (pondok pesantren) sebagai pusat pendidikan agama dan tempat mempertahankan tradisi Islam. Pesantren NU dikenal dengan pendekatan yang menghormati tradisi, budaya lokal, dan ajaran agama Islam.


Baca Juga : Sejarah Pendiri Nahdlatul Ulama dan KH Hasyim Asy'ari

 

4. Era Orde Baru: Selama era Orde Baru di bawah pemerintahan Presiden Soeharto, NU mengalami kendali pemerintah dan diberikan keistimewaan tertentu. Meskipun demikian, NU masih mempertahankan peran sosial dan keagamaannya, walaupun dalam situasi yang lebih terbatas.


5. Pasca Orde Baru: Setelah jatuhnya rezim Orde Baru pada tahun 1998, NU semakin terlibat dalam kehidupan politik dan sosial Indonesia. Organisasi ini terlibat dalam proses demokratisasi dan berperan dalam pembentukan berbagai regulasi yang berkaitan dengan agama dan masyarakat.


6. Keberagamaan dan Moderasi: NU dikenal karena pendekatannya yang moderat dalam Islam. Organisasi ini menganut paham Ahlussunnah wal Jama'ah dan menekankan toleransi antaragama serta harmoni dalam masyarakat yang beragam.


7. Pengaruh Politik: NU juga memiliki pengaruh politik yang cukup besar. Pada pemilihan umum, NU memiliki kekuatan politik yang dapat mempengaruhi hasil pemilihan, terutama dalam pemilihan presiden dan legislatif.

Sebagai kesimpulan, Nahdlatul Ulama adalah organisasi Islam yang telah berperan penting dalam sejarah Indonesia. Dari awalnya sebagai gerakan pertahanan terhadap modernisme Islam hingga perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan dan keberagaman, NU terus menjadi bagian integral dari lanskap sosial, agama, dan politik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar